Sebuah Rencana untuk CSIRT Sektor Pemerintah

CSIRT Sektor Pemerintah memegang peranan penting dalam menjaga keamanan siber di sektor pemerintah. CSIRT Sektor Pemerintah terdiri atas CSIRT Sektoral Pemerintah (Gov-CSIRT Indonesia) dan CSIRT Organisasi di Instansi Pusat (baik Kementerian maupun Lembaga Pemerintah Non Kementerian), Pemerintah Daerah tingkat Provinsi, dan Pemerintah Daerah tingkat Kabupaten/Kota. CSIRT Sektoral Pemerintah (Gov-CSIRT Indonesia) menjalankan peran koordinatif dan supervisi kepada CSIRT Organisasi di Sektor Pemerintah dalam penanganan insiden siber dan distribusi informasi terkait keamanan siber ke seluruh anggota CSIRT Sektor Pemerintah. Adapun anggota CSIRT turut serta berperan dalam penanganan insiden siber di instansi dan wilayahnya, pelaporan hasil penanganan insiden siber di wilayahnya dan berbagi informasi keamanan siber kepada Gov-CSIRT Indonesia sebagaimana ditunjukkan pada gambar berikut ini :

Berdasarkan Perpres 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, disebutkan bahwa Target pembentukan CSIRT Organisasi Sektor Pemerintah sebanyak 121 sebagaimana ditunjukkan pada gambar berikut ini :

Adapun target pembentukan CSIRT Pemerintah Daerah tingkat Kabupaten/Kota tahun 2020 -2024 ditetapkan oleh Pemerintah Daerah tingkat Provinsi di wilayahnya.

Diharapkan pembentukan CSIRT Organisasi ini dapat mewujudkan keamanan siber sektor pemerintah yang andal sehingga mampu memberikan keamanan dan keberlangsungan sistem pelayanan publik. Sinergitas yang kuat antara Gov-CSIRT dan instansi pemerintah baik Instansi Pusat maupun Pemerintah Daerah menjadi kunci keberhasilan untuk mewujudkan CSIRT Sektor Pemerintah yang profesional dan kolaboratif.