Layanan Reaktif

1. Layanan pemberian peringatan terkait dengan laporan insiden siber

Layanan ini dilaksanakan oleh Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional BSSN berupa pemberian peringatan adanya insiden siber kepada pemilik sistem elektronik dan informasi statistik terkait layanan ini diberikan oleh Gov-CSIRT Indonesia.

2. Layanan penanggulangan dan pemulihan Insiden

Layanan ini diberikan oleh Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah BSSN berupa koordinasi, analisis, rekomendasi teknis, dan bantuan on-site dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden siber. Gov-CSIRT Indonesia memberikan informasi statistik terkait layanan ini.

3. Layanan penanganan kerawanan

Layanan ini diberikan oleh Direktorat Proteksi Pemerintah BSSN berupa koordinasi, analisis, dan rekomendasi teknis dalam rangka penguatan keamanan (hardening), Gov-CSIRT Indonesia memberikan informasi statistik terkait layanan ini. Namun, layanan ini hanya berlaku apabila syarat-syarat berikut terpenuhi :

  • Pelapor atas kerawanan adalah pemilik sistem elektronik. Jika pelapor adalah bukan pemilik sistem, maka laporan kerawanannya tidak dapat ditangani;
  • Layanan penanganan kerawanan yang dimaksud dapat juga merupakan tindak lanjut atas kegiatan Vulnerability Assessment.
4. Layanan penanganan artifak

Layanan ini diberikan oleh Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah BSSN dan Direktorat Pengendalian Informasi, Investigasi, dan Forensik Digital BSSN berupa penanganan artifak dalam rangka pemulihan sistem elektronik terdampak ataupun dukungan investigasi. Gov-CSIRT Indonesia memberikan informasi statistik terkait layanan ini.